Kalian Wajib Tahu! Inilah Cara Berprestasi di Kampus

Cara berprestasi di kampus, memang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak sekali rintangan yang harus dilalui untuk mendapatkannya. Memperoleh nilai akademik yang sempurna pun, tidak serta merta membuat kalian mendapatkan julukan mahasiswa berprestasi. Kalian harus berhasil memenangkan satu atau dua buah lomba, baik itu tingkat daerah ataupun nasional. Tentunya, kalian harus mendapatkan juara 1, 2 ataupun 3 ya…

Kalian Wajib Tahu! Inilah Cara Berprestasi di Kampus

Cara Berprestasi di Kampus, Sederhana dan Asik untuk Dilakukan!

Kunci utama keberhasilan dari seorang pelajar, memang terletak pada seberapa besar kegigihan dirinya untuk belajar. Namun, sebagian besar orang merasa mudah mengantuk saat berlama-lama membaca sebuah buku pelajaran ataupun ketika mengikuti perkuliahan. Nah.. kalian tentu penasaran kan? Apa saja cara yang dapat dilakukan untuk melawan gangguan-gangguan tersebut, agar menjadi mahasiswa yang berprestasi. Berikut penjelasannya!

Istirahat yang cukup

Keseringan begadang juga tidak baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, hindari melakukan aktivitas yang dapat mengganggu jam tidur malam kalian! Waktu tidur yang baik bagi semua umur, yaitu sebanyak 8 jam sehari. Akan tetapi, bagi orang dewasa yang memiliki waktu tidur selama 5 hingga 6 jam setiap harinya, sudah dapat dikategorikan cukup. Jika kurang dari jam yang telah disebutkan, maka dapat mengurangi konsentrasi kalian. Seseorang yang ingin dirinya menjadi sosok yang berprestasi di kampus, haruslah memahami hal dasar satu ini.

Usahakan mengerjakan setiap tugas kuliah secara mandiri

Kalau kalian masih termasuk ke dalam golongan orang-orang yang menyalin jawaban teman ketika menyerahkan tugas, sebaiknya segera diperbaiki. Karena hal tersebut, sangat merugikan diri kalian. Mengapa? Orang yang mengerjakan tugasnya secara mandiri, tentu lebih memahami materi yang ada, dibandingkan dengan orang yang hanya mencontek. Orang yang berprestasi, sangat menghindari dirinya bergantung terhadap jawaban orang lain. Baik atau buruk hasil akhir yang diperoleh nanti, mereka akan tetap merasa bangga dan puas atas usaha yang dilakukan oleh dirinya sendiri.

Luangkan waktu untuk menyenangkan diri sendiri

Siapa bilang untuk menjadi orang berprestasi di kampus itu, selalu berkutat dengan aktivitas yang membosankan? Mahasiswa berprestasi pun pada dasarnya orang biasa. Mereka juga sesekali meluangkan waktunya dalam melakukan beragam aktivitas yang disukai. Mulai dari menonton film, bermain game, hang out bersama teman, atau sekedar rebahan saja sudah termasuk kegiatan memanjakan diri sendiri. Hal ini sangat penting, karena dapat membantu menyeimbangkan tingkat emosional seseorang serta menciptakan mood baik. Ingat! Berprestasi tidak melulu berkaitan dengan bidang akademik saja, bisa jadi dalam bidang lainnya seperti teknologi, olahraga, melukis, dan lain sebagainya. 

Review materi kuliah seusai mengikuti kelas

Mengulas kembali materi perkuliahan yang telah diajarkan di dalam kelas, adalah salah satu cara orang berprestasi menjaga nilai akademik mereka di kampus. Mempelajari saja tidaklah cukup, kalian juga harus belajar memahami dan mendalami materi yang sulit dimengerti. Semakin sering kalian mengulang kembali pelajaran tersebut, maka secara otomatis otak akan menyimpan hal-hal yang sering terjadi berulang kali. Termasuk materi hasil review kalian. Manfaat lainnya yang dapat dirasakan dengan melakukan review, yakni seseorang secara tidak langsung terlatih dalam menyelesaikan masalah yang ada, baik dengan cara analisa atau berfikir secara logika.

Isi kekosongan jam yang ada, dengan mengikuti perlombaan

Waktu luang yang ada, tidak selalu diisi dengan kegiatan menyenangkan saja. Kalian juga harus mencari informasi atau kegiatan bermanfaat lainnya. Salah satu contoh kegiatan bermanfaat tersebut, yaitu mengikuti perlombaan. Dengan mengikuti perlombaan, kalian akan terbiasa dengan lingkungan yang baru. Tidak hanya itu, kalian juga dapat menemukan strategi khusus agar dapat meraih juara dalam perlombaan tersebut. Tentu hal-hal seperti ini, tidak mudah didapatkan hanya dengan mengikuti satu kali lomba. Orang yang berprestasi tidak akan merasa takut gagal, melainkan mereka akan bangkit dari kegagalan yang pernah dialami oleh dirinya.

Kurangi waktu untuk bermain di luar ruangan

Aktivitas bermain di luar ruangan, sesekali boleh dilakukan. Namun, jika frekuensinya terlalu berlebih, maka akan berdampak pada kedisiplinan diri kalian. Orang berprestasi, menerapkan jadwal yang teratur untuk mereka lakukan sehari-hari. Sedangkan orang malas, hanya akan memikirkan kesenangan dirinya sendiri. Perbedaan seperti ini sudah sangat jelas bukan? bermain di luar ruangan membuat seseorang lupa waktu. Jadi, jika ingin menjadi orang yang berprestasi, gunakan waktu yang kalian miliki dengan sebaik mungkin.

Berkumpul dengan orang-orang berprestasi

Lingkungan sosial dapat membentuk karakter yang dimiliki oleh seseorang. Aktivitas yang sering dilakukan secara bersama-sama, menjadikan orang tersebut akan mudah terpengaruh dengan orang di sekitarnya. Orang berprestasi, jarang sekali bergaul bersama orang yang hanya mempedulikan waktunya untuk bermalas-malasan ataupun bersenda gurau saja. Mereka akan lebih memilih lingkungan yang dapat membuat dirinya lebih berkembang dan memiliki kebiasaan yang sama. Kalian yang ingin merubah diri menjadi orang yang berprestasi, sebaiknya mulai hindari pertemanan yang tidak berguna. Bukan berarti kalian harus benar-benar membatasi diri untuk tidak bergaul dengan siapapun. Hanya saja, untuk menjadi orang yang berprestasi, memang dibutuhkan sedikit pengorbanan dalam hal memilih pertemanan.

Mempertajam soft skill

Menjadi orang berprestasi di kampus saja, tidak akan menjamin masa depan kalian di dunia kerja ikut cemerlang. Justru, hasil prestasi yang dimiliki, biasanya akan dipertimbangkan lebih lanjut setelah mengetahui soft skill yang kalian miliki. Soft skill yang dimaksud, diantaranya adalah pengoperasian corel draw, penggunaan photoshop, memahami dunia digital marketing, atau hal yang paling sederhana yaitu kemampuan berkomunikasi. Tujuannya, untuk memudahkan pekerjaan kalian dalam sebuah instansi. Sehingga, kalian tidak akan dicap sebagai benalu atau penghambat saja saat bekerja sama dalam sebuah tim.

Hal-hal yang Didapatkan oleh Orang Berprestasi

Ketenaran

Orang berprestasi, biasanya akan dikenal oleh se-isi kampus. Tidak perlu lagi cari perhatian atau pamer sesuatu agar orang lain tertarik terhadap kalian. Kalian cukup mempertahankan prestasi yang telah diraih. Secara otomatis, pihak kampus akan memperkenalkan kalian ke seluruh mahasiswa di kampus sebagai orang yang patut untuk dicontoh.

Beasiswa

Persyaratan untuk mendapatkan sebuah beasiswa, pastinya bermacam-macam. Namun, bagi orang yang berprestasi, persyaratan tersebut bukanlah sebuah hambatan yang besar. Bahkan, ketika memenangkan sebuah perlombaan, dirinya akan ditawari berbagai macam beasiswa atau juga sudah dimasukkan ke dalam daftar penerima beasiswa unggulan. Menarik bukan?

Memiliki posisi istimewa di mata para dosen

Kalian yang memiliki kesulitan berhadapan dengan dosen, cobalah menjadi seseorang yang berprestasi di kampus. Dosen memiliki daya ingat yang sangat baik terhadap kedua tipe mahasiswanya. Tipe tersebut yaitu, mahasiswa yang sering mendapatkan masalah dan memiliki berbagai macam prestasi. Bagi seseorang yang dikenal akan hal baiknya, tentu saja dirinya akan dengan mudah menjalin komunikasi bersama dosen yang diinginkan. Baik komunikasi melalui tulisan ataupun secara lisan.

Sekian penjelasan mengenai cara berprestasi di kampus kali ini. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat. Bye!

Kalian Wajib Tahu! Inilah Cara Berprestasi di Kampus
4/ 5
Oleh

Subscribe

Get notifications from this blog