Cara Pengajuan Proposal Skripsi Agar Cepat di ACC

Cara pengajuan proposal skripsi bisa Anda lakukan dengan mudah dengan cara mengikuti beberapa tips yang akan dibahas pada penjelasan kali ini. Memang ya, terkadang untuk mengajukan sebuah proposal skripsi memang tidak mudah. Kadang ada aja beberapa kendala yang bisa membuat terhambat proses pengajuan ini. Lalu, bagaimanakah cara agar pengajuan proposal skripsi bisa dengan mudah di ACC? Yuk simak penjelasan berikut ini ya.

Cara Pengajuan Proposal Skripsi Agar Cepat di ACC

Tips Cara Pengajuan Proposal Skripsi agar Mudah di ACC

Para mahasiswa sering mengeluh jika  sangat sulit banget buat mengajukan proposal skripsi atau proposal skripsinya sulit di ACC. Hal ini akan tetapi terkadang membuat para mahasiswa menjadi tidak bersemangat dan enggan untuk melanjutkan untuk mengerjakan proposal skripsi. Padahal proposal skripsi menjadi salah satu batu loncatan untuk menuju ke jenjang selanjutnya yaitu skripsi. 

Banyak mahasiswa  yang bilang kalau ada beberapa masalah yang sering membuat mereka mengalami kesulitan dalam menyesuaikan skripsi dan skripsi sulit di ACC. Salah satunya karena tulisan mereka yang belum sesuai dengan format proposal yang benar. Jika Anda sudah menulis proposal skripsi yang benar pastinya deh akan dengan sangat mudah di ACC. Berikut ini adalah cara pengajuan proposal skripsi agar dengan mudah d ACC yaitu :

Penulisan proposal skripsi

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah struktur penulisan proposal skripsi. Ya struktur penulisan ini sangat penting untuk membuat sebuah latar belakang suatu permasalahan. Di dalam struktur penulisan proposal Anda harus menulis permasalahan tersebut dengan runtut dan urut. 

Akan tetapi pada kenyataannya, ada banyak penulisan proposal skripsi yang masih menggunakan berbagai macam bahasa yang kurang bagus dan tepat. Sehingga akan terkesan sangat kurang enak dibaca. 

Bagian pendahuluan

Pada sebuah sub bab pada bagian latar belakang ini Anda harus menjelaskan mengenai tujuan mengapa proposal tersebut dibuat. Selain itu juga harus menerangkan atas dasar apa Anda ingin memilih penelitian yang Anda ambil pada saat ini. Sehingga akan sangat penting sekali bagi Anda untuk menuangkan segala permasalahan latar belakang yang harus Anda tulis berdasarkan data dan data di lapangan. 

Perlu juga Anda ketahui jika dalam sebuah penelitian yang paling penting adalah menentukan permasalahan yang ada di dalam lapangan untuk diangkat menjadi sebuah topik penelitian. Jadi pada tahap ini anda harus banyak melakukan literasi ya. 

Rumusan masalah

Pada tahap ini Anda harus menentukan mengenai apa saja masalah untuk yang ingin Anda selesaikan dengan metode penelitian yang Anda gunakan. Setelah itu, batasi supaya tidak melebar dari topik utama yang sudah ditentukan. 

Tentukan tujuan penelitian

Setiap penelitian pasti harus dilandasi dengan tujuan. Dengan tujuan inilah Anda bisa menggambarkan dari hasil-hasil yang nantinya akan diharapkan pada penelitian yang Anda lakukan ini. Terangkan juga apa saja manfaat yang bisa diperoleh jika Anda bisa melakukan penelitian pada permasalahan tersebut. 

Tentukan metode penelitian yang tepat

Dalam sebuah metode penelitian Anda harus menjelaskan mengenai semua cara pelaksanaan penelitian yang akan Anda lakukan. Semua itu mencakup mengenai cara pengumpulan data dan cara menganalisis data yang ada di dalam penelitian tersebut.

Tentukan jenis metode penelitian

Di dalam jenis metode penelitian akan terdapat beberapa tahapan yaitu : studi pustaka ( berasal dari buku-buku atau jurnal ), study lapangan ( pengambilan data yang dilakukan langsung di lokasi penelitian), dan gabungan ( penggunaan dua metode di atas)

Sistematika penulisan

Pada tahapan ini Anda akan menulis secara gambaran umum dari satu bab ke bab yang lain dari penelitian yang Anda lakukan. Sehingga, Anda akan mendapatkan gambaran mengenai langkah apa saja yang ada pada setiap bab penelitian yang akan Anda tulis.

Diskusikan permasalahan atau objek penelitian dengan dosen pembimbing

Setelah tahu mengenai susunan proposal skripsi yang benar maka selanjutnya Anda harus mendiskusikan mengenai permasalahan atau topik yang akan Anda angkat dalam skripsi Anda. Mintalah masukkan mengenai bagaimana kasus permasalahan yang akan Anda angkat. Dengan begitu akan sangat mempermudah bagi Anda dalam mengerjakan skripsi selanjutnya.

Bacalah referensi

Dalam mengerjakan skripsi kita memang sangat butuh untuk selalu membaca referensi. Sebelum mengerjakannya ada baiknya Anda membaca beberapa jurnal ilmiah yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam mengerjakan proposal skripsi. Ya paling sedikit baca deh 4-5 jurnal sebagai referensi.

Dari jurnal tersebut, Anda bisa mempelajari berbagai macam permasalahan. Selain itu juga bakal dapat kesimpulan  bagaimana cara menyelesaikan permasalahan tersebut. Selain jurnal Anda juga bisa membaca buku atau sumber lain yang masih ada kaitannya dengan skripsi Anda.

Selalu mengerjakan proposal skripsi sesuai arahan dosen pembimbing

Hasil dari Anda membaca jurnal adalah Anda akan menemukan permasalahan baru. Selalu diskusikan permasalahan tersebut dengan dosen pembimbing. Usahakan juga dosen pembimbing sudah mengenal terlebih dahulu dengan Anda dan Anda juga harus berusaha akrab dengan dosen pembimbing. Hal ini sangat penting. Karena dengan akrab dan sering berdiskusi Anda bisa mendapatkan wawasan yang baru dan luas dan Anda akan selalu diperhatikan oleh dosen pembimbing. Jadi proposal skripsi akan mudah ACC deh dijamin. 

Sering sharing dengan teman 

Kebiasaan sharing memang sangat bagus dan dianjurkan. Selain Sharing dengan dosen yang pembimbing, Anda juga bisa sharing skripsi dengan teman sesama jurusan. Apalagi teman Anda juga sedang atau sudah selesai mengerjakan proposal skripsi. 

Berdiskusilah dengan mereka mengenai bagaimana permasalahan dalam skripsi Anda. Selain itu, Anda juga bisa berdiskusi dengan mereka mengenai tips bagaimana cara pengajuan proposal skripsi agar mudah di ACC

Jangan malas dan patah semangat

Malas adalah salah satu kunci yang membuat Anda tidak akan bisa berhasil dalam melakukan segala sesuatu. Tidak terkecuali dalam pengajuan proposal skripsi. 

Dalam pengajuan proposal skripsi terkadang akan ada beberapa permasalahan. Misalnya saja ada beberapa bagian yang harus dilakukan revisi. 

Anda jangan terlalu malas untuk melakukan revisi ya. Jika dosen pembimbing memerintahkan buat revisi ya segera di revisi dan segera di konsultasikan kembali agar Proposal Skripsi segera selesai. Di sini Anda harus dituntut menjadi seorang mahasiswa yang aktif.

Itulah tadi cara pengajuan proposal skripsi agar mudah di ACC oleh pihak kampus. Kunci cepat selesai dan tidaknya tergantung dari diri Anda sendiri. Anda dituntut buat selalu aktif dan harus sering sharing. Semoga penjelasan di atas menambah semangat Anda untuk mengerjakan proposal skripsi dengan baik. Bagi yang saat ini masih berjuang, yuk mulai rajin dan jangan mudah putus asa ya. Karena dengan niat dan usaha yang gigih akan diberikan kemudahan.

Cara Pengajuan Proposal Skripsi Agar Cepat di ACC
4/ 5
Oleh

Subscribe

Get notifications from this blog