10 Langkah Cara Menghadapi Dosen Killer Di Kampus

Cara menghadapi dosen killer di kampus berikut ini mungkin menjadi salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan di kampus.  Dosen killer adalah sebuah sebutan yang berasal dari mahasiswa untuk  seorang dosen yang galak, kaku dan suka pelit kalau kasih nilai. Setiap kampus pasti memiliki dosen killer..

10 Langkah Cara Menghadapi Dosen Killer Di Kampus

Akan tetapi, jika Anda sedang berada di kelas dosen killer tersebut, Anda tidak mungkin menjauh kan? Masak iya Anda tidak mengikuti mata kuliahnya setiap hari. Hehe.

Tipe Cara Hadapi Dosen Killer 

Memiliki dosen killer memang deh membuat kita semua menjadi  mendapat pengalaman yang kurang enak di kampus. Dosen tersebut biasanya akan sering memarahi para mahasiswa jika berbuat kesalahan. Hal ini tentu saja membuat tidak nyaman dan merasa dah dig dug ketika mengikuti mata kuliahnya. 

Tapi gak semua dosen itu killer kok. Jadi jangan takut. Anda hanya membutuhkan strategi mengenai cara menghadapi dosen  berikut ini, yaitu :

1. Selalu rajin berangkat kuliah

Jika Anda memiliki sebuah kelas  dosennya adalah seorang dosen killer, tentu hal ini akan membuat Anda menjadi semakin malas buat masuk kelas. Akan tetapi, hal ini hanya akan merugikan diri Anda sendiri kalau benar-benar dilakukan. 

Dosen tersebut biasanya akan menghafal siapa saja yang jarang masuk kelas. Jadi, sebaiknya Anda mencari jalan terbaik dengan selalu  rajin masuk ke kelas. Dan tunjukkan jika Ada benar-benar menjadi seorang mahasiswa yang berkomitmen.

2. Selalu datang on time

Salah satu sifat yang dimiliki oleh hampir sebagian besar dosen killer adalah disiplin. Mereka tidak suka mahasiswanya yang sering datang terlambat. Mereka biasanya akan memberikan nilai jelek kepada  mahasiswa yang sering datang terlambat. Jadi, be on time, please!

3. Bersikap ramah dan sopan

Sikap ramah serta sopan adalah menjadi sebuah cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi seorang dosen yang killer. Ini perlu Anda lakukan dengan tujuan untuk mencairkan suasana.

Usahakan Anda selalu sopan, selalu menegur dan menyapa, dan selalu tersenyum. Ini merupakan sebuah sikap terpuji yang bisa Anda lakukan kepada dosen killer. Perlakuan Anda ini juga akan membuat mereka akan cenderung suka. 

Biasanya Anda akan mendengar cerita dari pada kakak tingkat mengenai dosen killer tersebut. Jadi, Anda perlu tahu mengenai bagaimana kepribadian si dosen killer tersebut.  Langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan pendekatan dimana hal ini bisa menjadi sebuah titik dimana Anda mengerti bagaimana cara untuk menghadapi dosen killer tersebut. Jangan ragu untuk menegur atau ngobrol dengan mereka. 

4. Aktif lah di kelas

Pada dasarnya,  seorang dosen killer sangat menyukai seorang mahasiswa yang pintar dan aktif. Maka Anda harus senantiasa aktif di kelas. Jika dosen memberikan pertanyaan maka sebisa mungkin Anda menjawab. Memang pertama kali mungkin Anda akan merasa canggung dan juga terbata-bata, tapi lama kelamaan akan biasa saja. 

Apabila Anda aktif di kelas, guru Killer itu pasti akan bersikap lembut kepada Anda. Jangan ragu dan juga malu untuk menjawab semua pertanyaan yang diberikan. Hal ini akan memberikan banyak nilai positif dari guru killer kepada Anda. 

5. Jangan tidur di kelas

Salah satu kesalahan yang dianggap fatal yang sering terjadi pada mahasiswa dan dicap buruk oleh mahasiswa adalah tidur di kelas. Meskipun mengantuk merupakan hal yang sangat manusiawi, sebisa mungkin tahan rasa kantuk tersebut dan jangan tidur di kelas. 

Hal ini bisa  Anda menjadi bulan-bulanan dosen killer pada saat mengajar di kelas. Misalnya saja, mereka akan selalu menjadikan Anda sebagai sasaran untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan. 

6. Menyelesaikan tugas dengan baik

Pada dasarnya, tugas menjadi hal yang sangat wajar. Apalagi untuk dosen killer biasanya akan memberikan tugas yang banyak. Jangan khawatir ya ketika Anda mendapatkan tugas banyak tersebut..

Tugas tersebut hanya perlu Anda kerjakan. Karena dengan mengerjakan dan mengumpulkan tugas dengan tepat waktu sudah menjadi kewajiban mahasiswa. Anda juga harus memperhatikan juga tidak boleh copy paste. Ketika mengerjakan tugas. Ini akan membuat Anda mendapatkan nilai jelek jika terdeteksi melakukan copy paste. 

7. Jangan ngobrol di kelas

Cara buat mengatasi dosen killer selanjutnya adalah dengan jangan mengobrol dengan teman di dalam kelas. Mungkin Anda bisa sesekali melakukannya, tapi jangan keseringan melakukannya ya..

Hal ini akan memancing perhatian si dosen killer untuk menerbitkan karena Anda dianggap mengganggu selama kelas berjalan. Jika sudah berada di dalam kelas sebaiknya simpan dulu obrolan dengan teman.

Selalu perhatikan materi yang disampaikan oleh dosen. Apabila Anda mengobrol di dalam kelas akan sangat mengganggu. 

8. Bersabar dan tahan emosi

Jika Anda menemui dosen killer sedang menegur atau memarahi Anda, tindakan yang harus Anda lakukan adalah bersabar dan tidak perlu emosi. Sebaiknya Anda jangan terpancing emosi dimana justru akan semakin membuat suasana menjadi buruk.

Dosen killer akan semakin membenci Anda. Maka, bersabarlah dan jangan gunakan emosi meskipun sedang di marahi oleh dosen. Anda bisa melakukan instrospeksi diri mengapa dimarahi di dosen killer. 

Dosen akan semakin membenci Anda jika Anda melawan. Jadi bersabarlah dan jangan gunakan emosi dalam mengahadapinya.

9. Bersikap cuek tapi santai

Anda tidak perlu tegang loh ketika menghadapi dosen Killer. Bersikaplah dengan santai dan jangan masukkan ke hati setiap perkataan dari dosen yang sekiranya menyinggung Anda. 

Jika mindset pertama yang Anda ciptakan kaku dan mengerikan maka hanya akan membuat Anda semakin tambah gugup dan tidak santai kelas. 

10. Coba tawarkan bantuan

Cara yang satu ini memang butuh sebuah keberanian khusus dan lapang dada yang kaus karena Anda akan berhadapan dengan dosen killer secara langsung. Mungkin Anda bisa berinisiatif pada dosen tersebut. Misalnya saja menawarkan bantuan untuk membawa  barang..

Anda juga bisa menawarkan bantuan untuk menghapus papan tulis pada saat mengajar. Ha ini akan meninggalkan kesan yang baik terhadap Anda. Dan pastinya, si dosen killer akan lebih melunak dan lembut terhadap Anda jika Anda bersikap sopan dan suka membantu

10 cara menghadapi dosen Killer yang sudah dijelaskan di atas perlu Anda lakukan supaya tidak mendapatkan teguran yang keras atau marah. Perhatikan juga setiap materi yang diberikan dan kerjakan semua tugas dengan tepat waktu sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan. Hal ini akan membuat mereka tersadar jika mahasiswanya sangat wajib dan bertanggung jawab penuh atas tugas mereka. 

Jadi, sebagai seorang mahasiswa ada baiknya sih buat selalu menghargai apapun yang menjadi keputusan dari dosen. Sekalipun dosen tersebut killer dan membuat Anda tidak menyukainya. Jadi bersabarlah ketika menghadapinya dan ambil saja semua sisi-sisi negatif yang Anda bisa dapatkan dari sikap dosen killer. 

10 Langkah Cara Menghadapi Dosen Killer Di Kampus
4/ 5
Oleh

Subscribe

Get notifications from this blog