Pengertian persaingan (Competition) dan fungsinya dalam Sosiologi

Pengertian persaingan (Competition)

Pengertian persaingan (Competition)
Pengertian persaingan adalah proses sosial disasosiatif dimana tiap individu ataupun antarkelompok manusia yang ikut serta dalam proses tersebut saling berebut untuk mencari keuntungan melalui bidang bidang kehidupan yang pada masa tertentu menjadi pusat perhatian publik dengan cara menarik perhatian publik atau dengan mempertajam prasangka yang telah ada, tanpa memakai ancaman ataupun kekeraasan. Tipe tipe persaingan mencakup persaingan antarpribadi (rivarly) dan persaingan antarkelompok. Melalui tipe tipe persaingan tersebut akan menghasilkan beberapa bentuk persaingan yaitu:

1. Persaingan di bidang ekonomi

Persaingan ini terjadi akibat dari keterbatasan dari jumlah benda benda pemuas kebutuhan individu yaitu manusia dalam masyarakat, sementara banyak pihak yang saling membutuhkannya. Persaingan yang terjadi dalam dunia ekonomi seperti perdagangan akan terfokus pada hal hal seperti perebutan jumlah pelanggan, selanjutnya persaingan dalam dunia produksi barang dan jasa akan berpusat pada perebutan sumber bahan baku dan daerah penjualan.

2. Persaingan di bidang kebudayaan

Persaingan dalam bidang bidang kebudayaan sekarang ini terlihat lebih mengarah ke aplikasi teknologi komunikasi dalam mendokumentasikan kebudayaan itu sendiri seperti melalui pembuatan film dan seni musik modern akan tetapi masih ada beberapa yang tradisional. Selain itu, kompetisi olahraga sebagai salah satu hasil kebudayaan juga masih sering dilakukan, selain itu kompetisi seni bela diri, kompetisi seni tari dan musik antar daerah juga sering dilakukan untuk membuktikan siapa yang menghasilkan warga yang paling stabil dan berkembang kebudayaannya.

3. Persaingan dalam mencapai kekuasaan dan peranan tertentu dalam masyarakat

Persaingan dalam bentuk ini sering terjadi dalam lingkungan badan badan atau lembaga lembaga atau instansi tertentu dalam lingkup pemerintahan. Seperti diadakannya PILKADA ataupun Pilpres ataupun Pemilihan anggota DPR. Mereka akan bersaing baik secara sehat ataupun tidak sehat dalam mencari suara dari para masyarakat yang ada. Persaingan yang disebabkan oleh bentuk seperti inilah yang paling sering menjadi benih benih persaingan yang tidak sehat bahkan akan memunculkan perpecahan.

4. Persaingan rasial

Persaingan ras atau rasial sekarang ini seperti perang dingin, tidak pernah disebut akan tetapi masih dilakukan di dalam masyarakat. Persaingan ras ini umumnya muncul saat seorang atau kelompok tertentu yang memang lebih superior menyuarakan ras mereka yang terbaik diantara ras lain, dan selanjutnya pasti akan terjadi persaingan, perpecahan pun mungkin terjadi. Contohnya persaingan ras kulit putih dan ras kulit hitam yang ada di Amerika Serikat pada waktu dulu. Persaingan ras sebenarnya dimunculkan oleh para elit politik untuk menimbulkan perpecahan diantara masyarakat sehingga kelompok tertentu dalam ras tersebut dapat dimusnahkan atau dikalahkan.

Walaupun persaingan merupakan proses sosial diasosiatif, persaingan memiliki beberapa fungsi asalkan dalam batas batas tertentu, berikut fungsi fungsi persaingan:

1. Sebagai alat untuk mengadakan seleksi sosial. Apabila persaingan antar pihak disadari oleh pemikiran pemikiran yang sehat, maka persaingan akan berfungsi sebagai alat untuk menyeleksi mana individu atau kelompok yang memiliki kualitas yang lebih baik. Sebab dalam dunia pemasaran yang akan mampu bertahan adalah produk produk yang memiliki kualitas kualitas yang paling baik dan harga yang paling terjangkau. Hal ini dapat anda lihat pada kemenangan produk produk impor dari Cina dan korea. 

2. Untuk menghasilkan pembagian kerja yang efektif. Dengan adanya persaingan, kualitas dari tiap individu akan terlihat sehingga kemampuan dan kelebihan  serta kekurangan mereka akan kentara pula. Oleh karena itu, dengan adanya persaingan kita mampu menentukan posisi dan kedudukan tiap individu yang tepat sehingga setiap posisi akan berjalan dengan efektif.

Pengertian persaingan (Competition) dan fungsinya dalam Sosiologi
4/ 5
Oleh

Subscribe

Get notifications from this blog