Pengertian Seni dan Macam Macam Seni

Apa itu Seni. Pengertian seni yang paling awal adalah meniru. Itulah pengertian seni yang pertama kali diutarakan oleh Aristoteles bahwa seni adalah peniruan terhadap alam dengan tetap menjaga sifat idealnya atau disebut mimesis atau mimetric art (Seni mimetrik). 

Pengertian Seni dan Macam Macam Seni

Pengertian seni menurut Aristoteles tersebut memang berdasar karena menurutnya, manusia memang memiliki sifat alami dalam meniru sesuatu. Dia percaya bahwa seni contohnya seni musik merupakan tiruan dari harmoni dan ritme yang terdapat di lingkungan sekitarnya. Walaupun pada saat itu beberapa yang menentang termasuk Plato. 

Selanjutnya dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia memberikan seni beberapa arti yang baru sesuai dengan perkembangan seni itu sendiri. Berikut beberapa pengertian seni modern ini.

J.J Hogman seorang budayawan penulis Buku The Word Of Man berpendapat bahwa seni adalah sesuatu yang memiliki unsur ide, aktivitas dan artifak. Dapat anda lihat bahwa pengertian seni ini masih mengikutkan pendapat Aristoteles tentang seni.

Selanjutnya pengertian seni oleh Alexander Baum Garton bahwa seni adalah keindahan (beautyness) dan seni adalah tujuan yang positif (a positive goal) menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan (to make the audience feel the happiness).  

Pengertian seni selanjutnya oleh James Murko bahwa Seni adalah penjelasan rasa indah (Explanation of wonderful sense) yang terkandung dalam jiwa setiap manusia (that is contain in the soul of every human being), dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi (born through the medium of communication tools) ke dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh  (into a form that can be captured by) indra pendengar ( seni suara), penglihatan( seni lukis ), atau dilahirkan dengan perantara gerak ( seni tari, drama). (Baca pengertian komunikasi)

Selanjutnya menurut Hilary Bel tentang pengertian seni bahwa seni adalah istilah yang digunakan untuk semua karya (art is a term used for all the works) yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya (that can inspire the hearts to find out who the creator).

Terakhir, pengertian seni oleh Ira Adriati, M.Sn (Dosen Seni ITB) yang merupakan salah satu pengertian seni yang menggabungkan beberapa pengertian seni oleh ahli ahli lainnya bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.

Pengertian seni dan macam macam seni

Pengertian seni akan terus berkembang seiring berkembangnya teknologi penciptaan rasa yang ada dalam diri manusia, oleh karena itu sekarang ini terdapat berbagai macam jenis jenis seni yang ada. Berikut macam macam seni saat ini.

Macam macam Seni

Secara umum, segala sesuatu yang indah dan berkesan adalah seni. Cara menangkap kesan dan menghasilkan kesan tersebut yang membedakan seni itu sendiri dan membuat beberapa macam seni yaitu:

a. Seni rupa

Pengertian seni rupa adalah hasil ciptaan kualitas, hasil ekspresi, atau alam keindahan atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria tertentu yang diciptakan menjadi suatu struktur sehingga dapat dinikmati menggunakan indera mata dan peraba. Seni rupa intinya adalah sebuah karya seni rupa yang membuat bentuk sehingga dapat dinikmati oleh indera mata atau secara visual. Baca pengertian seni rupa dan unsur unsur seni rupa

b. Seni musik

Seni musik adalah hasil ciptaan manusia yang menghasilkan bunyi ritme dan harmoni yang indah bagi pendengar. Bunyi yang dihasilkan oleh seni musik dapat merupakan hasil dari suara manusia contohnya menyanyi, atau akapela atau dapat dihasilkan dari alat bantu seperti alat musik contohnya gitar, piano dan alat musik lainnya.

c. Seni tari

Seni tari adalah hasil ciptaan manusia yang mengkreasikan gerakan tubuh dalam menghasilkan keindahan bagi yang melihatnya. Dengan seni tari, manusia menggunakan bagian bagian tubuh mereka seperti tangan, kaki, mata, badan dan lainnya dalam mengkomunikasikan ekspresi rasa dan bentuk keindahan. Seni tari sering digabungkan dengan seni musik dan seni rupa untuk melengkapi penyampaian rasa yang ada.

c. Seni teater

Seni teater adalah hasil ciptaan manusia dalam menvisualisasikan imajinasi atau gambaran gambaran yang ada dalam pikirannya yang berhubungan dengan tingkah laku manusia baik sebagai individu, kelompok ataupun bermasyarakat. Seni teater, layaknya seni tari sering diisi oleh seni rupa dan seni musik dan bahkan juga memasukkan seni tari sehingga pesan yang diinginkan dapat tersampaikan kepada penikmat seni itu sendiri. 

Lalu seni yang berbentuk tulisan dan kaligrafi masuk dimana?

d. Seni Sastra

Seni sastra adalah segala bentuk hasil daya kreasi manusia yang dinikmati segi visual dan dari makna yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan seni sastra menggambarkan keindahan dalam bentuk kata kata, baik itu dituliskan ataupun disuarakan. Contohnya tulisan, puisi dan kaligrafi. 

Demikianlah artikel tentang pengertian seni dan macam macam seni. Saya harap berguna untuk menjawab pertanyaan anda tentang pengertian seni, jenis jenis seni yang ada, dan macam macam seni yang ada. 

Pengertian Seni dan Macam Macam Seni
4/ 5
Oleh

Subscribe

Get notifications from this blog