Biar Gak Jadi Mahasiswa Kupu-Kupu, Ikuti 5 Tips Jadi Mahasiswa yang Produktif

Tips jadi mahasiswa yang produktif sangat banyak sekali loh manfaatnya. Dengan menjadi seorang mahasiswa yang produktif maka Anda akan bisa belajar banyak hal. Maka sangat dianjurkan sekali bagi Anda yang masih menjadi mahasiswa untuk menjadi seorang mahasiswa yang produktif dan aktif.

Biar Gak Jadi Mahasiswa Kupu-Kupu, Ikuti 5 Tips Jadi Mahasiswa yang Produktif

Tips Jadi Mahasiswa yang Produktif dan Aktif

Pada dasarnya masa kuliah bisa dibilang sebagai waktu yang akan membentuk dan sebagai sarana Anda untuk menunjukkan jati diri. Pada masa kuliah ini pastinya Anda sedang berada pada masa transisi dari remaja ke usia dewasa. Anda tidak akan disetir oleh orangtua lagi dan Anda dituntut untuk bisa belajar menjadi pribadi yang mandiri. Akan ada banyak hal dan permasalahan yang bakalan Anda harus atasi sendiri.

Anda akan menemui berbagai macam pertanyaan yang akan menuntut untuk diselesaikan. Berbagai macam pertanyaan akan sering kali akan membuat Anda galau. Akan tetapi jangan pernah Anda biarkan menjadi sebuah kegalauan yang bisa melumpuhkan semangat Anda. Justru Anda harus mencoba hal-hal yang baru yang bisa Anda jadikan sebagai pelajaran hidup. Supaya Anda tetap menjadi orang yang produktif. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang mahasiswa yang produktif, yaitu :

Ikut organisasi kampus 

Di kampus pasti ada berbagai macam organisasi yang bisa Anda ikuti. Ada beberapa organisasi misalnya saja himpunan mahasiswa tingkat jurusan (Hima), Unit kegiatan mahasiswa ( UKM), dan organisasi tingkat universitas (BEM). Anda bisa memilihnya sesuai dengan minat dan bakat. 

Di dalam organisasi atau kepanitiaan Anda akan belajar banyak hal berhubungan dengan kerja sama, manajemen waktu dan tugas, dan menghargai orang tua. Selain itu, di dalam organisasi Anda akan mendapat banyak soft skill yang tidak akan Anda dapatkan di kelas. 

Menjadi tentor 

Jika Anda peka dan juga rajin mencari informasi, sebenarnya ada banyak sekali di luar sana anak-anak usia sekolah yang masih membutuhkan bantuan anak kuliah. Status Anda yang masih mahasiswa dianggap sangat mumpuni dalam menular ilmu yang sudah Anda pelajari di bangku kuliah. 

Nah, ilmu yang Anda pelajari ini nantinya aja lebih berguna jual Anda ajarkan kepada anak-anak tersebut untuk meningkatkan kemampuan akademik. Anda bisa menjadi mahasiswa produktif dengan memanfaatkan sela-sela waktu kuliah Anda untuk menjadi tentor. Selain itu, Anda bisa loh menambah uang bulanan Anda. 

Menjadi volunteering

Volunteering adalah sebuah kegiatan relawan yang menjadi salah satu Tridharma perguruan tinggi untuk mengabadikan diri kepada masyarakat. Mumpung  masih muda, energi akan lebih banyak dan Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang berfaedah seperti kegiatan volunteering ini.

Anda bisa menjadi relawan dalam hal apa saja misalnya relawan bencana alam, relawan pengajar, relawan panti , dan sebagainya. Anda akan sangat mudah kok menemukan komunitas volunteering di Indonesia. 

Anda harus aktif dalam mencari informasi melalui internet mengenai kegiatan volunteering. Sesuaikan dengan kemampuan dan waktu yang Anda bisa. Menjadi sebagai relawan dapat mengasah jiwa Anda untuk menjadi pribadi yang lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan sesama manusia. Selain itu, Anda akan belajar mencari berbagai masak solusi untuk permasalahan Anda. Anda juga bisa memperluas jaringan sosial.

Ikut proyek penelitian dosen

Tugas seorang dosen tidak hanya mengajar mahasiswanya di kelas. Dosen juga memiliki tugas untuk melakukan penelitian. Pada saat-saat tertentu, biasanya mereka akan membutuhkan bantuan untuk mengerjakan proyek yang sedang mereka jalankan. Nah, pada kesempatan ini Anda bisa menawarkan diri untuk menjadi asisten dalam proyek tersebut. 

Kalau Anda termasuk salah satu mahasiswa yang dekat dengan dosen, pasti Anda ditawari untuk menjadi asistennya tanpa harus menawarkan diri. Anda jelas akan mendapatkan banyak manfaat dimana Anda akan mendapatkan banyak ide yang bisa Anda jadikan sebagai bahan skripsi Anda nantinya. Selain itu, pasti Anda juga akan lebih diberikan banyak sekali kemudahan karena sudah membuat gambaran serta wawasan mengenai metode yang akan Anda gunakan dalam penelitian skripsi Anda nantinya. 

Magang di Perusahaan

Magang atau yang disebut juga dengan istilah internship biasanya akan dibuka bagi Anda yang sudah masuk semester akhir. Anda bisa memilih waktu magang mulai dari part time hingga full time dan biasanya dilakukan selama tiga bulan. Menjadi karyawan magang akan bisa membuka pikiran serta wawasan Anda mengenai dunia kerja. Ini akan sangat bermanfaat bagi Anda ketika Anda nantinya masuk dunia kerja. 

Niatkan diri Anda untuk bisa banyak belajar ya ketika ikut magang, bukan hanya sekedar mencari uang meskipun ketika Anda magang akan tetap di gaji meskipun jumlahnya tidak banyak. Anda bisa menambahkan pengalaman magang Anda di daftar riwayat kerja Nantinya yang akan semakin membuat peluang besar untuk diterima di perusahaan.

Ikut ajang perlombaan kepenulisan

Pada saat Anda kuliah pasti Anda akan banyak menjumpai berbagai macam ajang perlombaan kepenulisan misalnya saja essay pendek, buat PKM, menulis artikel, penelitian ilmiah dan sebagainya. Penyelenggara perlombaan juga  beragam mulai dari jurusan, universitas, perusahaan, komunitas, pemerintah dan sebagainya. 

Anda akan menemukan banyak sekali berbagai informasi mengenai lomba tersebut. Setelah itu, cobalah untuk mengikuti kompetisi tersebut agar mendapatkan banyak pengalaman. 

Rajin mengerjakan skripsi

Skripsi lagi skripsi lagi. Emang ya skripsi seperti menjadi salah satu hal yang membosankan dan sekaligus mengerikan. Padahal tahu gak sih saat Anda rajin mengerjakan skripsi,  termasuk salah satu tips jadi mahasiswa yang produktif Bagaimana tidak produktif? Pada saat Anda mengerjakan skripsi, Anda dituntut untuk selalu pergi ke berbagai tempat  untuk menambah sumber data untuk skripsi Anda. Misalnya saja di perpustakaan atau ke tempat yang bisa Anda jadikan sebagai bahan penelitian.

Selain itu, Anda juga akan dituntut untuk selalu rajin berkonsultasi dengan dosen. Jadi mau gak mau Anda harus bolak balik kampus. 

Ikuti kegiatan seminar

Pada dasarnya, saat Anda menjadi mahasiswa wajib hukumnya buat  mengikuti berbagai macam seminar. Hal ini karena seminar bisa digunakan sebagai ajang untuk membuka wawasan dan juga memberikan banyak sekali masukan ilmu dan pengetahuan yang baru. 

Ikut pelatihan membuat CV dan interview

Sudah bisa dipastikan jika pada saat Anda lulus nanti pasti akan sangat besar sekali harapan Anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan segera. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan tentu saja diperlukan beberapa hal sebagai pertimbangan. Salah satunya adalah CV dan interview.

Membuat CV ternyata tidak mudah loh. Anda harus bisa membuat CV yang semenarik mungkin agar pihak perusahaan terkesan dan mau menerima Anda sebagai karyawannya. Mumpung masih menjadi seorang mahasiswa, Anda bisa mengikuti pelatihan membuat CV.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti pelatihan interview kerja juga. Sehingga pada saat nanti tiba, Anda sudah bisa lancar dan akan sangat mudah dalam mendapat pekerjaan  yang sesuai dengan pilihan Anda.  Berbagai tips jadi mahasiswa yang produktif yang sudah disebutkan di atas semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk menerapkannya sejak dini. Selamat mencoba dan semoga sukses ya. 

Biar Gak Jadi Mahasiswa Kupu-Kupu, Ikuti 5 Tips Jadi Mahasiswa yang Produktif
4/ 5
Oleh

Subscribe

Get notifications from this blog