10 Cara Memilih Universitas Negeri yang Bagus Wajib Di Coba

Cara memilih universitas negeri yang bagus harus Anda coba jika Anda ingin masuk ke universitas negeri lulus dari bangku SMA. Universitas negeri ini banyak serbu oleh banyak orang karena selain lebih bergengsi, universitas negeri juga mempunyai beberapa keunggulan yang tidak dimiliki universitas lainnya. 

10 Cara Memilih Universitas Negeri yang Bagus Wajib Di Coba

Tetapi sayangnya, untuk bisa masuk ke universitas negeri tidaklah gampang. Hal ini karena pihak universitas memiliki regulasi yang cukup ketat dan banyak saingan yang ingin masuk ke universitas negeri. Tapi tenang saja ya. Sudah ada tips mengenai cara memilih universitas negeri yang bagus yang bisa Anda coba yang akan dibahas pada penjelasan kali ini.

Kelebihan Kuliah di Kampus Negeri

Banyak yang beranggapan jika kuliah  di universitas negeri dan swasta sama saja kan? Eits siapa bilang sama? Kuliah di universitas negeri dan swasta tentu saja berbeda. Nih ada penjelasannya. Penjelasannya tentang keunggulan kuliah di universitas negeri. Yuk simak y@ penjelasannya. 

Biaya kuliah murah 

Biaya kuliah menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan ketika Anda masuk bangku kuliah. Biaya untuk kuliah memang tidak sedikit kecuali Anda memang dari program beasiswa. 

Jika berbicara mengenai biaya kuliah, kampus negeri menjadi salah satu yang bisa diandalkan. Bagaimana tidak? Untuk biaya kuliah di universitas negeri cenderung lebih murah terjangkau dibandingkan dengan universitas swasta. Meskipun saat ini sudah menerapkan sistem UKT yang sedikit membuat biaya kuliah maha, tapi hal tersebut tidak berlaku untuk semua mahasiswa negeri. Bahkan bisa dibilang sistem ini hanya berlaku pada sebagian kecil mahasiswa yang dibebankan pada mahasiswa yang masuk melalui jalur mandiri. 

Data mahasiswa otomatis terdaftar di Dikti

Semua universitas negeri sudah bekerjasama dengan Dikti. Jadi secara tidak langsung jika Anda kuliah di universitas negeri nama Anda akan tercantum pada data Dikti. Hal ini menunjukkan jika universitas tersebut benar-benar berkualitas.

Setiap universitas negeri sudah berada di bawah naungan Kemenrisdikti. Mahasiswa yang kuliah di universitas negeri juga sudah terintegrasi secara resmi menjadi bagian dari Dikti. Dengan begitu, saat bekerja nanti tidak akan menyulitkan mahasiswa jika mau mendaftar perekrutan PNS.

Kampus sudah terakreditasi bagus

Akreditasi universitas menjadi salah satu hal yang vital yang akan Anda gunakan untuk mendaftar pekerjaan nantinya. Apalagi jika Anda ingin jadi PNS atau mendaftar sebagai pekerja kantoran. Pasti HRD akan menanyakan tentang Akreditasi perguruan tinggi Anda.

Hampir semua universitas negeri sudah mempunyai Akreditasi yang bagus kok. Setiap universitas negeri rata-rata nilai Akreditasinya adalah A / B. Jadj, bagus kan?

Prospek kerja lebih tinggi

Pastinya ketika Anda melamar sebagai karyawan kantor atau PNS pasti Anda akan ditanya tentang lulusan Anda? Dari kampus mana? 

Lulusan universitas negeri biasanya cukup diperhitungkan dalam penerimaan karyawan. Mereka menganggap jika lulusan universitas negeri akan lebih berkompeten dalam bekerja.. Jadi, prospek kerja akan lebih tinggi dibandingkan dengan yang lulusan dari universitas swasta. Tapi bukan berarti ya lulusan universitas swasta tidak berkompeten dalam bekerja. 

Diajar dengan tenaga pendidik yang berkompeten

Untuk masalah kualitas dosen, universitas negeri mempunyai banyak sekali dosen yang sudah berkompeten dalam bidangnya. Hal ini karena dalam perekrutan dosen di universitas negeri langsung dilakukan melalui wadah perekrutan CPNS. Jadi, dari segi pedagogik dan ilmu sangat mumpuni sekali. 

Sediakan banyak beasiswa

Bagi Anda yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri dan tidak mempunyai biaya yang cukup .aja saat ini Anda jangan berkecil hati dulu. Hal ini karena ada banyak sekali beasiswa yang disesuaikan khusus untuk mahasiswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri.

10 Cara Memilih Universitas Negeri yang Bagus

Untuk bisa masuk ke universitas negeri selain cukup sulit, Anda juga harus tahu bagaimana cara memilih universitas  negeri yang bagus. Ada beberapa hal berikut ini yang perlu Anda jadikan pertimbangan yaitu :

Carilah informasi yang lengkap dan detail

Sebelum memilih universitas, Anda harus terlebih dahulu mencari informasi mengenai bagaimana informasi lengkap tentang universitas negeri yang akan Anda masuki nantinya. Anda bisa menggali informasi dari internet mengenai jurusan dan universitas yang sesuai dengan keinginan Anda.

Lihat tujuan selama masa pendidikan

Salah satu bagian yang menjadi prioritas dalam memilih universitas negeri adalah tujuan, visi dan misi dari universitas tersebut. Jika Anda ingin menjadi seseorang yang profesional tentu saja Anda hadir memilih universitas yang memiliki tujuan yang bagus dalam bidang akademik.

Pilih beberapa universitas

Jual Anda sudah menentukan jurusan yang akan Anda ambil nantinya pada saat kuliah, maka pilihlah beberapa universitas pilihan sebagai pertimbangan. Setidaknya Anda sudah mempunyai gambaran mengenai bagaimana kampus tersebut yang akan Anda jadikan prioritas dan cadangan. Intinya, Anda sudah sedia payung sebelum hujan? Hehe

Perhatikan mengenai reputasi universitas

Tips UT memilih universitas negeri yang tidak kalah penting adalah reputasi kampus. Anda tentu saja tidak ingin bukan jika Anda memilih universitas ternyata kok mempunyai Akreditasi yang jelek?. Maka dari itu pilih kampus yang mempunyai reputasi bagus sehingga pendidikan Anda juga akan terjamin

Pertimbangan lokasi

Lokasi juga menjadi salah satu faktor yang penting yang perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat memilih kampus. Pasalnya, lokasi akan mempengaruhi biaya hidup dan juga kenyamanan Anda selama menjalani pendidikan di kampus. 

Fasilitas universitas

Kenalilah terlebih dahulu mengenai universitas yang ingin Anda masuki. Salah satunya adalah dengan melihat fasilitas yang disediakan di dalamnya. Fasilitas harus sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Setidaknya dengan begitu, prospek pendidikan Anda akan menjadi lebih terarah dan juga lebih terjamin.

Daya tampung

Daya tampung pada sebuah universitas tentu saja akan sangat terbatas. Jadi Anda hadir juga mempertimbangkan peluang untuk diterima. Ada beberapa kakus yang biasanya ditawarkan mulai dari jalur beasiswa hingga jalur umum. Anda juga harus menyesuaikan dengan kemampuan diri ya? Jangan memaksakan.

Lakukanlah konsultasi dengan orang terdekat

Sebelum memilih universitas ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan orang terdekat mengenai universitas dan jurusan yang akan Anda pilih. Anda bisa melakukan konsultasi kepada orang tua, teman dan orang yang sudah berpengalaman. Hasil dari konsultasi ini akan memberikan beberapa pertimbangan bagi Anda baik dari segi positif atau negatif

Berfikir secara realistis

Pastinya  kadang akan muncul sebuah keinginan yang menggebu untuk bisa melanjutkan ke universitas negeri yang bergengsi. Akan tetapi, Anda harus tetap bisa berfikir secara realistis. Anda harus mempertimbangkan dengan matang dan sesuaikan dengan kemampuan diri baik secara finansial atau akademik. 

9 tips cara memilih universitas negeri yang bagus di atas bisa Anda jadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan. Ingat ya, kuliah tidak hanya sekedar dijadikan sebagai ajang gengsi namun digunakan untuk prospek karir di masa mendatang. Jadi, Apakah Anda sudah siap memilih universitas negeri idaman Anda? 

10 Cara Memilih Universitas Negeri yang Bagus Wajib Di Coba
4/ 5
Oleh

Subscribe

Get notifications from this blog